Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
assalamualaikum

Minggu, 04 November 2007

aPa itu bulan RamaDhan......?





Bulan ramadhan artinya mengasah ,dan ada juga yang menyebutkan ramadhan itu artinya berpahala ,dan arti lain dari ramadhan adalah pembakaran.Pembakaran yaitu pembakaran segala dosa-dosa yang ada pada diri kita itu akan terjadi bila kita melaksanakan secara lahir dan batin .





Secara lahir kita menjaga anggota tubuh kita dari perbuatan yang jelek ,yang paling harus di jaga adalah HAULAJUD yaitu perkataan yang kotor , karena perkataan seseorang lebih tajam dari pada pedang .





Secara batin kita menjaga hawa nafsu kita ,karena biasanya kalau dalam keadaan prut kosong , marah seseorang tidak akan terkendali , maka dari itu saat kita berpuasa kita harus bersabar dan memperbanyak tilawah quran .



Sedangkan yang di maksud dengan bulan ramadhan yang artinya mengasah yaitu memperbaiki kesalahan kita atau melakukan sesuatu yang baik menjadi yang lebih baik lagi,seperti halnya kita mengasah pedang yang tumpul kemudian menjadi tajam .



Amalan amalan di bulan Ramadhan , di antaranya membaca



  • al-quran ,

  • dzikir(artinya ingat kepada allah) ,

  • itiqaf(artinya mendekatkan diri kepada allah di dalam masjid) dan

  • sholat tarawih(artinya shalat,santai,maka apabila kita melaksanakan sholat tarawih itu dengan santai,jangan terburu-buru).


Perlu kita ketahui bahwa suatu amalan yang dapat kita kerjakan dengan rasa penuh hati ikhlas ,maka oleh allah amalan yang kita kerjakan dengan ikhlas ,akan dilipat gandakan menjadi 700 kali lipat dalam suatu amalan yang kita kerjakan di bulan puasa ramadhan.Coba bayangkan apabila kita mengerjakan /melakukan amalan yang baik setiap hari dengan setiap mengerjakannya dengan hati ikhlas dan karna allah ,pastinya pahala kita akan bertambah banyak ,tapi jangant amal itu pada bulan ramadhan tapi harus pada bulan , hari lainnya,dan amlan amalan itu jangan cuma dibayangkan saja tapi di kerjakan.






Bulan ramadhan juga di sebut sebagai bulan kemenangan karena di bulan ramadhan terjadi pristiwa yang besar di antaranya;




  • Yaitu kemenengan perang BADAR pada tanggal 17 ramadhan tahun 2 hijriah





  • kemenangan pada perang tabuk pada tahun 8 hijriah .





  • terbukanya kota makkah





  • kemenangan dalam melawan perang salib



  • Dari semua kemenangan itu di karnakan datangnya pertolongan allah kepada umat muslimin.




    Adapun hadist tentang Bulan Ramadhan




    Abu hurairah r.a berkata ,Rosulullah s.a.w bersabda "apabila masuk bulan ramadhan maka terbukalah pintu pintu syurga dan terkuncilah pintu neraka manakala sekalian syaitan di rantai dan di buka pintu rahmat". (Bukhari dan Muslim)

    Tidak ada komentar:

    Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket